Pages

Minggu, 10 Juni 2012

Dendrologi morfus bunga pohon hutan


Bunga pohon bungur lilin ( Lagerstromia speciosa ) merupakan bunga lengkap, hal ini ditunjukkan bahwa bunga bungur lilin ( Lagerstromia speciosa ) memiliki semua bagian utama yaitu putik ( pistil ) dan benang sari ( stamen ) serta memiliki semua bagian tambahan ( accessory ) yaitu daun mahkota bunga ( corolla ), daun kelopak bunga ( calyx ), dasar bunga ( receptacle ) dan tangkai bunga ( pedicel ) sehingga disebut bunga lengkap. Sedangkan pada bunga pohon mengkudu ( Morinda citrifolia ) merupakan bunga tidak lengkap karena tidak memiliki salah satu bagian bunga yaitu kelopak bunga ( calyx ). 
Tata bunga pohon yang diamati adalah terminal, hal ini dikarenakan susunan bunga yang terletak pada ujung dahan atau ranting. Sedangkan sifat simetri yang dimiliki kedua bunga pohon yang diamati yaitu simetri banyak ( polisimetri ), hal ini ditunjukkan bunga pohon yang diamati dapat dibagi menjadi dua bagian setangkup dengan cara banyak.
Komposisi bunga pohon bungur lilin ( Lagertroemia speciosa ), Mengkudu ( Morinda citrifolia ), Johar ( Cassia siamea ), Cengal ( Hopea sangal ), Sungkai ( Paronema canescens ), dan Palem Raja ( Roystonea regia ) adalah majemuk ( polyflorium ), hal ini ditunjukkan adanya beberapa bunga yang terletak pada satu tangkai. Komposisi bunga pada bunga pohon bungur lilin ( Lagerstroemia speciosa ) termasuk majemuk tak terbatas ( inflorecentia racemosa ), karena Pucuk ibu tangkai bunga tumbuh terus, dan bunga-bunga mekar dari bawah ke atas ditunjukkan dengan terdapatnya buah pada pangkal tangkai persekutuan bunga.
Tipe perbungaan pada bunga pohon bungur lilin ( Lagerstroemia speciosa ) dan johar ( Cassia siamea ) adalah tandan ( raceme ) majemuk, karena bunga yang terletak pada satu tangkai yang masing – masing bunga letaknya terpisah oleh ruas yang jelas pada tangkai persekutuan bunga. Bunga pohon mengkudu ( Morinda citrifolia ) memiliki tipe perbungaan bongkol ( capitulum ), karena tandan atau tongkol yang mengerut, bunga-bunga terangkai serupa bola. Pada bunga pohon cengal ( Hopea sangal) dan palem Raja ( Roystonea regia ) memiliki tipe bulir ( spike ) ditunjukkan adanya bunga – bunga tanpa tangkai yang letaknya terpisah oleh ruas yang jelas pada tangkai persekutuan bunga. Bunga pohon sungkai ( Paronema canescens ) memiliki tipe perbungaan payung ( umbella ) menggarpu yakni bunga – bunga bertangkai yang letaknya di ujung tangkai persekutuan dan membentuk garpu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Human and Forest. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.