Pages

Minggu, 10 Juni 2012

Dendrologi Morfus batang pohon kayu arang ( Diospyros macrophylla ) dan batang pohon tanjung ( Mimosops elengi )


Morfus batang pohon kayu arang ( Diospyros macrophylla ) dan batang pohon tanjung ( Mimosops elengi ) mempunyai bentuk batang bulat dan kondisi permukaan batang yang beralur ( grooved ) yaitu permukaan batang terdapat alur – alur secarah jelas dengan arah membujur batang.
Pada batang pohon kayu arang ( Diospyros macrophylla ) tidak memiliki zat ekstraktif karena setelah dilakukan pengamatan dengan menyayat permukaan batang tidak ada cairan yang keluar. Sedangkan pada pohon tanjung ( Mimosops elengi ) memiliki zat ekstraktif berupa getah bewarna putih.
System percabangan batang pohon kayu arang ( Diospyros macrophylla ) adalah monopodial, hal ini terlihat bahwa batang pokoknya selalu tampak jelas karena batang tersebut memiliki ukuran lebih besar atau memiliki pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan cabang – cabangnya. Sedangkan pada batang pohon tanjung ( Mimosops elengi ) memiliki system percapangan simpodial yaitu batang pokoknya tidak tampak jelas berbeda jika dibandingkan dengan dengan cabang – cabangnya karena pertumbuhan batang pokok lebih lambat dibandingkan dengan cabang – cabangnya.
Arah tumbuh dahan batang pohon kayu arang ( Diospyros macrophylla )  adalah mendatar ( horizontalis )  karena dahan atau cabang tampak arah pertumbuhan dengan sudut antara batang pokok dengan dahan atau cabang lebih kurang 90°. Sedangkan arah tumbuh dahan pada pohon tanjung ( Mimosops elengi ) adalah condong ( patens ), karena dahan atau cabang yang memiliki arah pertumbuhan dengan sudut antara batang pokok dengan dahan atau cabang lebih kurang 45°

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Human and Forest. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.